Rabu, 02 November 2011

Minggu ke-2: Manfaat teknologi komputer dan perkembangannya.


A.    Pendahuluan
Manfaat Teknologi bagi manusia begitu besar dan dari sekian banyak teknologi yang dikembangkan manusia untuk membantu meningkatkan kemampuan manusia itu sendiri yang salah satunya adalah teknologi komputer. Teknologi komputer saat sangat dibutuhkan di segala bidang diantaranya dibidang pendidikan, perindustrian dan rumah tangga.

I.       Manfaat Teknologi Bagi Dunia Pendidikan
Dunia pendidikan adalah salah satu bagian yang paling merasakan besarnya manfaat teknologi dan perkembangannya. Teknologi komputer begitu penting dalam dunia pendidikan seperti komputer digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerja administrasi sekolah, membuat soal-soal dan lembar kerja siswa, mahasiswa baik yang off line maupun yang online.Komputer juga sebagai sarana prasarana presentasi atau bahan ajar dalam bidang pendidikan, membantu guru-guru dan dosen-dosen untuk mempersiapkan materi pengajaran, membuat daftar nilai, membuat soal ulangan dan keperluan dunia pendidikan lainnya.

II.    Manfaat Bagi Dunia Perindustrian
Dunia industri tidak kalah dengan dunia pendidikan yakni sangat membutuhkan teknologi komputer untuk membantu menyelesaikan pekerjaan industri.
Sebuah industri dituntut untuk selalu tepat waktu dalam memproduksi barang industri. Untuk menjaga kepercayaan rekanan bisnis, mau tidak mau sebuah industri harus memenuhi permintaan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan kesepakatan. Nah didalam menyelesaikan pekerjaan inilah dibutuhkan teknologi komputer sebagai pendukung proses industri seperti, membuat rancangan produk tertentu, mendesain model sebuah produk, memberikan informasi yang akurat akan hasil yang diperoleh nantinya setelah diproses.
Selain itu teknologi komputer juga dimanfaatkan untuk menyelesaikan administrasi perindustrian.

III.  Manfaat Bagi Rumah Tangga
Rumah tanggapun sudah membutuhkan teknologi komputer dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga. Rumah tangga saat ini selalau berbeda dengan rumah tangga 10 tahun yang lalu, karena rumah tangga saat ini sudah mengaplikasikan teknologi komputer ke dalam aktifitas sehari-hari.
Salah satu manfaat yang sangat besar bagi dunia rumah tangga saat ini adalah adanya akses internet, dengan akses internet maka semua anggota keluarga dapat saling berkomunikasi antar semua anggota keluarga meski jarak saling berjauhan berkilometer bahkan antar negara sekalipun.
Manfaat Teknologi Bagi Manusia memang sangatlah besar dan selamanya akan semakin dibutuhkan namun jangan salah bahwa meski teknologi komputer begitu besar memberikan manfaat bagi manusia tetapi teknologi komputer juga dapat memberikan menimbulkan kerugian bagi manusia.

B.    Perkembangan teknologi komputer saat ini
Perkembangan komputer makin hari makin canggih dan makin bersifat mini. Untuk perkembangan teknologi komputer sekarang adalah serba on-line. Hal ini dengan adanya bukti adanya beragam software development, teknologi sifatnya wireless, dan teknologi kesukaan sebagian besar manusia yaitu teknologi internet.
Menyinggung tentang sejarah perkembangan teknologi komputer dari dahulu sampai zaman sekarang, tentunya kita tidak bisa melepaskan diri dari Microsoft (terutama pada saat ini). Microsoft sendiri sampai saat ini produknya yang terbaru adalah windows vista, yang tampilannya keuren banget. Sebelum meluncurkan Vista, Microsoft sendiri telah menciptakan produk widows pioneer yaitu, widows Xp dimana merupakan kombinasi dari produk sebelumnya yaitu widows’ 98 dan widows NT.
Melihat begitu kokohnya dominasi widows, sebenarnya banyak pihak yang telah berusaha menggoyang kedikdayaannya. Namun sampai saat ini belum terlihat hasilnya secara maksimal. Salah satu produk yang dengan niat besar menyaingi Microsoft adalah Linux. Sebagaimana Anda tahu, Linux adalah salah satu OS alternative yang mungkin dapat Anda gunakan jika Anda terkena razia hak cipta software (karena kita mengetahui betul sebagian masyarakat Indonesia menggunakan produknya Bil Gates secara illegal, alias tidak mau bayar). Sudah banyak berbagai perusahaan yang merasa tersaingi oleh Linux. Mereka kuatir jika Linux nguasain dunia maka celakalah mereka. Diantaranya adalah Microost, UNIX, SCO dan mungkin masih banyak lagi.
Terlepas dari itu semua perkembangan teknologi komputer saat ini yang sedang banyak dipakai, dan dirasain adalah internet dan GPS. Di zaman globalisai ini, mungkin internet bisa dikatakan telah menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian orang. Teknologi internet yang mudah diakses dan cepat, memungkinkan setiap individu dapat berkomunikasi secara baik dengan yang lainnya. Setiap detik ada user-user baru yang belajar menggunakan dan mengakses internet. So… Anda membutuhkan suatu informasi, maka internet adalah jawabannya. Sedangkan GPS sendiri saat ini juga mengalami perkembangan pesat. Dengan menggabungkan dengan teknologi internet, GPS juga sangat mudah diakses. Mungkin Anda pernah melihat dunia dengan “Google Earth”? Jika pernah maka Anda tahu apa yang saya maksud.





1 komentar: