Jumat, 28 Oktober 2011

Pertemuan 1 : Pengenalan Komputer


      1.      Pendahuluan
Komputer masih merupakan sesuatu yang baru bagi kita, demikian juga halnya dengan ilmu computer atau Computer Science masih sangat sedikit dan belum dikenal oleh masyarakat kita. Banyak orang yang menyamakan antara computer dengan ilmu computer. Ini merupakan sesuatu penafsiran yang salah, karena pengertian computer itu sendiri adalah  berasal dari kata ‘to compute’ yang artinya adalah menghitung, jadi computer bolehlah kita sebut sebagai mesin hitung.
Tetapi pengertian ilmu computer itu sendiri adalah luas, yaitu pengetahuan dalam bidang penggunaan dan tata cara bekerjanya suatu computer. Pengetahuan tentang cara kerja computer ini kita sebut juga Electronic Data Processing disingkat EDP. Jadi Ilmu Komputer tersebut erat sekali hubungannya dengan Electronic Data Processing. 

      2.      Definisi Komputer 
Komputer adalah :

      a)Yaitu alat elektronik
      b)Yang dapat menerima input, lalu mengolah data, dan dapat memberikan suatu informasi
      c) Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
      d) Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
e)Bekerja secara otomatis 

3. Pengertian computer menurut para ahli, yaitu :
      a)      Menurut Hammacher, computer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output berupa informasi.
     b)Menurut Blissmare (1985), computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
-          Menerima input
-          Memproses input tadi sesuai dengan programnya
-          Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
-          Menyediakan output dalam bentuk informasi
      c) Menurut Fuori, computer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan dari manusia.
     d) Sedangkan menurut Sanders (1985) computer itu sendiri adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan didalam memori.

Dan masih banyak lagi para ahli yang mencoba mendefinisikan computer. Namun pada intinya pengertian computer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi,menggunakan suatu program  yang tersimpan didalam memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis.

0 komentar:

Posting Komentar